Makna Do'a

Doa adalah  salah satu sarana atau saluran langsung seorang hamba kepada Sang Khaliq. Dengan demikian ia harus tahu tentang apa dan bagaimana cara ia berdoa agar diterima dan didengar. Selanjutnya upaya ini diharapkan menghasilkan apa yang diharapkan sesuai dengan materi doa yang dipanjatkan.

اَلدُّعَاءُ هُوَ اَلطَّلَبُ

Doa itu adalah permohonan

Maksudnya ialah permohonan dari yang sangat rendah (manusia) kepada yang Maha Tinggi kedudukannya, yaitu Allah SWT.

Di dalam Islam pada kenyataanya doa itu ada dua macam, yaitu doa yang berisikan pujian dan sanjungan kepada Allah SWT serta doa yang berisikan permohonan. Doa yang berisikan pujian disebut du’au tsana’ dan doa yang berisikan permohonan disebut du’au sual.

Doa pujian, tentu saja isinya tidak akan lepas dari nama-nama Allah yang Maha Tinggi, yaitu Asma'ul husna.

قُلْ ادْعُوا اللَّهَ أَوْ ادْعُوا الرَّحْمَانَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الأَسْمَاءُ الْحُسْنَى وَلاَ تَجْهَرْ بِصَلاَتِكَ وَلاَ تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلاً

Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu". (QS. Al Israa : 110)

Sebelum Berdoa Pujilah Nama-Nya

Sebelum seorang hamba mengajukan segala keperluan dirinya, atau doa-doa lainnya hendaklah dimulai dengan pujian dan sanjungan. Sanjunglah nama-Nya dengan nama-nama dari al-asmaul husna.

وَلِلَّهِ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ فَٱدۡعُوهُ بِهَاۖ وَذَرُواْ ٱلَّذِينَ يُلۡحِدُونَ فِيٓ أَسۡمَٰٓئِهِۦۚ سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Al A’raf : 180)

Allah SWT yang Maha Mendengar dan Maha Meng-ijabah doa, Da yang menentukan doa apa dan kepada siapa ijabah itu akan diberikan. Pada intinya doa itu merupakan ibadah seorang hamba kepada Allah SWT sehingga berdoa itu harus sering, banyak, dan langsung tanpa melalui perantara, itulah munajat.