QS. Al Baqarah 1-5 : Orang Yang Akan Mendapat Petunjuk

Tafsir Ringkas QS. Al Baqarah 1-5



الٓمٓ  ١ ذَٰلِكَ ٱلۡكِتَٰبُ لَا رَيۡبَۛ فِيهِۛ هُدٗى لِّلۡمُتَّقِينَ  ٢

Alif laam miim. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (QS. Al Baqarah : 1-2)

Al Qur’an ini merupakan kitab yang agung, dan tidak ada keraguan padanya bahwa Al Quran ini diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad ﷺ.

Orang-orang yang takut terhadap siksa Allah akan menjadikannya sebagai petunjuk dalam kehidupannya. Meski petunjuk Al-Qur'an diperuntukkan bagi seluruh umat manusia, hanya orang-orang bertakwa saja yang siap dan mampu mengambil manfaat darinya.

Karakteristik orang-orang yang bertakwa digambarkan diayat berikutnya,

ٱلَّذِينَ يُؤۡمِنُونَ بِٱلۡغَيۡبِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَمِمَّا رَزَقۡنَٰهُمۡ يُنفِقُونَ  ٣

(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka. (QS. Al Baqarah : 3)

Yang pertama, yaitu mereka yang beriman kepada hal-hal yang ghaib, yang tidak tampak dan tidak dapat dijangkau oleh akal dan indra mereka, seperti Allah, Malaikat, surga, neraka, dan lainnya yang diberitakan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Selanjutnya karakteristik yang kedua adalah mereka membuktikan keimanannya dengan cara mendirikan shalat secara sempurna berdasarkan tuntunan Allah dan Rasul-Nya, khusyuk serta memperhatikan waktu-waktunya. 

Dan karekteristik yang ketiga, mereka juga menginfakkan di jalan Allah sebagian dari rezekinya, baik berupa harta, ilmu, kesehatan, kekuasaan, dan hal-hal lainnya. 


وَٱلَّذِينَ يُؤۡمِنُونَ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيۡكَ وَمَآ أُنزِلَ مِن قَبۡلِكَ وَبِٱلۡأٓخِرَةِ هُمۡ يُوقِنُونَ  ٤

Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. 
(QS. Al Baqarah : 4)

Kemudian di ayat yang ke-4 ini, karakteristik dari orang yang bertakwa itu adalah mereka yang beriman kepada apa yang diturunkan dari Allah kepada Nabi Muhammad ﷺ, yaitu Al-Qur'an. Dan merekapun meyakini kitab-kitab yang diturunkan kepada para Rasul sebelumnya, seperti kitab Taurat, Zabur dan Injil.

Karakteristik orang bertakwa selanjutnya yang digambarkan dalam ayat ini adalah,  mereka meyakini akan adanya kehidupan di akhirat setelah kehidupan di dunia ini, dengan penuh keyakinan di dalam hati, yang dibuktikan baik secara lisan maupun dengan amal shaleh.

أُوْلَٰٓئِكَ عَلَىٰ هُدٗى مِّن رَّبِّهِمۡۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُفۡلِحُونَ  ٥

Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung. (QS. Al Baqarah : 5)

Mereka yang mempunyai ciri-ciri sebagaimana disebutkan sebelumnya, adalah orang-orang yang akan mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan hanya mereka itulah orang-orang yang beruntung memperoleh apa yang mereka inginkan, yaitu kebahagiaan hidup di dunia dan keselamatan hidup di akhirat dengan dimasukkan ke dalam surga dan terbebas dari siksa api neraka.