Persiapkan Diri Untuk Hari Esok

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡتَنظُرۡ نَفۡسٞ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٖۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ  

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Hasyr : 18)

Wahai orang-orang yang mengaku dirinya beriman kepada hari akhir, beriman kepada hari pembalasan, meyakini bahwa akan menemui Tuhannya. Bertakwalah!, Takutlah!, akan hari dimana setiap orang akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat kelak.

Perhatikanlah, bermuhasabahlah terhadap diri sendiri!, amal apa saja yang sudah dipersiapkan untuk hari esok?. Bekal apa saja yang sudah dipersiapkan untuk menempuh perjalanan yang sangat panjang.

Mengapa manusia malah bereforia dengan berkurangnya waktu?, mereka lupa, bahwa berubahnya waktu, baik itu detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, bahkan berubahnya tahun itu, adalah pengurangan terhadap jatah umur untuk mengumpulkan amal shaleh di dunia ini.

Mereka dilupakan oleh hingar bingar kehidupan di dunia, sehingga mereka melupakan perintah Allah untuk bersegera memohon ampunan dan bersegera melaksanakan amal shaleh yang akan menuntunnya menuju surga. 

۞وَسَارِعُوٓاْ إِلَىٰ مَغۡفِرَةٖ مِّن رَّبِّكُمۡ وَجَنَّةٍ عَرۡضُهَا ٱلسَّمَٰوَٰتُ وَٱلۡأَرۡضُ أُعِدَّتۡ لِلۡمُتَّقِينَ  

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (QS. Ali Imran : 133)

Mereka lupa, karena mereka mengabaikan petunjuk Allah, yang sudah ada di hadapannya, yaitu Al Quran, yang dengan keringat dan darah para syuhada bisa sampai kepada kita. Sampai Allah mengingatkan melalui firman-Nya,

Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik. (QS. Al Hadid : 16)

والله اعلم بالصواب